10 Monolit Terbesar Di Dunia, Satu Diantaranya Ada Di Indonesia

 Sonora FM Palembang,  05-01-2017 12:27:48

  

Secara harfiah, monolit berasal dari bahasa Yunani (monolithos), yang artinya batu tunggal. Seringkali monolit diartikan dengan bangunan besar (megalith), sehingga para ahli geologis menyarankan penggunaan istilah monadnock atau inselberg untuk menggambarkan bukit/gunung yang berdiri sendiri diantara area sekelilingnya.

Bukit Kelam

erletak dekat kota Sintang, kalimantan Barat, Bukit kelam atau disebut juga bukit hitam merupakan batu raksasa yang berada di Indonesia. Monolit ini memiliki tinggi sekitar 900 meter.

Menurut dongeng yang beredar tentang batu ini, dikisahkan monster raksasa menginginkan seorang putri Dara Juanti, namun seorang pelindung kerajaan mengutuk monster tersebut hingga mati, dan menjadi batu raksasa.

Ada juga yang menceritakan bahwa Bukit Kelam adalah sebongkah batu yang dipikul oleh seorang tokoh sakti bernama Bujang Beji untuk membendung sungai Kapuas, karena sesuatu hal, tali pengikat batu putus sehingga batu yang dipikul Bujang Beji jatuh di kawasan lembah sekarang ini.

Namun teori yang mendekati yakni Bukit Kelam adalah sebuah batu meteor yang jatuh jutaan tahun lalu. Hal ini diperkuat dengan kontur tanah menuju Bukit Kelam dari arah Sintang yang bergelombang seakan dijatuhkan dari atas Bumi.

Tags:

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN

Website Security Test