8 Langkah Mengatasi Motor Mogok karena Banjir

 Sonora FM Palembang,  20-09-2016 16:30:07

  

8-langkah-perbaiki-motor-mogokMemasuki musim hujan yang tidak menentu, Palembang diguyur hujan deras yang mengakibatkan sebagian wilayah Palembang dan sekitarnya mengalami banjir. Tidak sedikit para pengguna motor berpotensi mengalami mogok ketika melewati genangan air yang cukup dalam dan tidak dapat diprediksi sebelumnya. Tim Technical Service Astra Motor Sumsel menginformasikan beberapa langkah-langkah yang dapat diterapkan jika sepeda motor Anda terpaksa harus melewati genangan air atau banjir dan mengakibatkan motor mogok, yaitu:
  • Hal utama yang paling awal dilakukan pengendara motor adalah tidak panik.
  • Bawa kendaraan Anda dalam keadaan mesin mati ke daerah yang aman dan tidak tergenang air.
  • Perlu diingat untuk tidak langsung menyalakan  mesin.
  • Untuk tipe matic, bukalah cover saringan udara terlebih dahulu lalu keringkan. Kemudian lakukan kick starter. Namun jika pada saat dilakukan kick starterterasa keras, jangan hidupkan motor terlebih dahulu, karena ada potensi air sudah masuk ke ruang mesin.
  • Kemudian buka busi dan lap hingga kering. Untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke dalam lubang busi, lakukan starter dan lebih disarankan dengan kick starter.
  • Pastikan bahwa air sudah tidak keluar lagi dari lubang busi. Kemudian pasang kembali saringan udara yang sudah kering.
  • Kemudian pasang busi dengan hati-hati. Jangan terburu-buru menyalakan motor, terlebih dulu lakukan kick startersekitar 8-10 kali pada motor dalam kondisi mati guna mensirkulasikan oli ke mesin.
  • Terakhir coba nyalakan kembali motor Anda. Setelah menyala, biarkan sekitar 5-10 menit agar mesin panas dan stabil sebelum dikendarai kembali.
Langkah-langkah ini hanya berlaku untuk motor yang tidak sampai terendam banjir. Apabila motor anda melewati genangan air dan kondisinya tidak sampai mati bisa dipastikan kondisi motor masih aman. Terkecuali jika mesin dalam kondisi mati dan terendam air, maka ruang mesin dan ruang oli pada mesin berpotensi kemasukan air. Hal tersebut dapat merusak sistem pembakaran dan oli tercampur dengan air. Untuk mengecek hal tersebut, anda dapat melihat  warna oli yang biasanya berubah menjadi putih. Segera konsultasikan motor anda ke AHASS terdekat, karena dibutuhkan perawatan yang lebih intensif.

 

Tags: , ,

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN

Website Security Test